Jumat, 22 Februari 2013

tips bahagia memiliki sahabat sejati

1. Pikirkanlah apa yang dapat kamu berikan kepada sahabatmu bukan apa yang dapat kamu peroleh dari persahabatan. Jangan bersahabat hanya demi memperoleh kesenangan, karna jika demikian, kamu bukanlah sahabat sejati. Hargailah sahabatmu seperti kamu ingin dihargai.
2. Sahabat sejati selalu menyemangati dan “mendorong” supaya bersama – sama dapat menjadi yang terbaik bukan saling menjatuhkan. Dia turut berbahagi ketika sahabatnya berhasil mencapai apa yang diinginkannya dan tidak merasa tersaingi.
3. Jangan biarkan sakit hati berkembangkarna hal ini akan menghancurkan persahabatan yang ada. Maafkan kesalahan yang diperbuat oleh sahabatmu dan jangan biarkan merusak hubungan.
4. Jangan memandang kesalahan yang dibuatnya ini adalah suatu cara untuk menunjukan betapa kita peduli terhadap dia. Jangan tinggalkan sahabatmu saat dia berbuat kesalahan. Bersabarlah dan tuntunlah dia untuk berubah. Sadarilah bahwa tidak ada orang yang sempurna.
5. Jadilah sahabat yang dapat diandalkan dan tepatilah janji yang telah kamu ucapkan.
6. Jangan mencoba untuk menontrol sahabatmu. Bersahabat bukan berarti harus selalu bersama – sama. Memang akan sangat menyenangkan bila kita selalu bersama. Namun ingat, sahabat kita itu bukan monopili kita sendiri karna dia juga mempunyai teman lain selain kita. Untuk itu jangan kita merasa dikhianati ketika temanmu bergaul dengan yang lain, sebaliknya usahakan kamu juga dapat berteman dengan mereka. Hal ini akan membuat kita dan sahabat kita lebih menghargai orang lain.
7. Selalu ada disaat senang mau pun susah. Bergembiralah bersama mereka saat mereka sedang bergembira namun jangan ada pada saat senang saja. Ketika sahabatmu sedang kesal akan sesuatu, berikan mereka perhatian. Yang paling dibutuhkan dari seorang sahabat adalah sepasang telinga yang mau mendengar kesedihan dan memahami perasaan mereka.
8. Menerima apa adanya sahabatmu. Jangan menuntut sahabat kita untuk bereaksi dengan cara yang sama seperti apa yang biasa kita lakukan. Hargai dia apa adanya termaksud juga keputusan yang dia ambil yang mungkin tidak sesuai dengan kehendak kita.
9. Belajarlah untuk menjaga rahasia sahabatmu.
10. Jangan biarkan perbedaan pendapat menghancurkan persahabatanmu.
11. Jagalah perasaan dan hatinya, jangan sampai kita meluakainnya karna itu akan merusak persahabatanmu.

“Tips ini mungkin sudah pernah kalian baca bagi kalian yang suka baca buku / artikel, yaps… ini ku ambil dari salah satu buku yang kubaca dan mungkin ini sangat berguna bagi kalian. Bagilah ilmu yang kalian ketahui kepada orang lain, jangan ilmu itu kalian pergunakan sendiri, karna ilmu yang kalian bagi kepada orang lain dan berguna baginya itu dihitung pahalan kebaikan untuknya dan kalian yang sudah berbagi ilmu itu……..”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar